PENGUMUMAN
REKRUTMEN CALON PETUGAS PENDATAAN
REGISTRASI SOSIAL EKONOMI (REGSOSEK)
TAHUN 2022
Nomor: B-325/16720/SS.110/09/2022
Badan
Pusat Statistik (BPS) Kota Prabumulih akan melakukan pelaksanaan lapangan Registrasi
Sosial Ekonomi (Regsosek) pada 15 Oktober – 14 November 2022. Pelaksanaan
kegiatan tersebut membutuhkan petugas sebanyak 284 orang. Adapun persyaratan
dan kualifikasi calon petugas sensus adalah sebagai berikut:
- Diutamakan
berpendidikan minimal tamat SMA/sederajat;
- Diutamakan
berumur 18 s.d. 50 tahun;
- Bersedia
bekerja terikat kontrak;
- Sehat
jasmani dan rohani;
- Disiplin
dan berkomitmen;
- Bersedia
mengikuti setiap tahapan seleksi;
- Mampu
berbahasa Indonesia serta membaca dan menulis huruf latin;
- Mampu
bekerja, baik sebagai petugas pemeriksa dan pengawas (bagi PML) atau sebagai
petugas pendataan (bagi PPL);
- Mampu
bekerjasama dan berkoordinasi dengan sesama PPL, sesama PML, pegawai BPS,
Aparatur Desa/Kelurahan, Ketua/Pengurus SLS, tokoh agama dan tokoh masyarakat;
- Mampu
berkomunikasi dengan masyarakat di wilayah tugasnya;
- PML
diutamakan mitra yang berpengalaman dalam kegiatan sensus/survei;
- PPL
diutamakan dari mitra statistik yang sudah berpengalaman dengan sensus/survei
BPS, dan diprioritaskan berasal dari penduduk lokal setempat;
- Diutamakan
menguasai dan dapat mengendarai kendaraan bermotor;
- Calon
Petugas tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (PNS atau PPPK);
- Bagi
calon petugas yang berstatus PHL/TKS/honorer wajib membawa surat rekomendasi
dari atasan langsung untuk bekerja sebagai Petugas Regsosek 2022 yang dibawa
pada saat tes wawancara (format surat izin https://s.bps.go.id/formatizin1672;
- Bersedia
mengikuti kegiatan pelatihan petugas Pendataan Awal Regsosek;
- Diutamakan
telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan/booster apabila belum
mendapatkan vaksin diwajibkan membawa surat keterangan tidak bisa memperoleh
vaksin;
- Memiliki
email aktif; dan
- Memiliki,
menguasai, dan dapat menggunakan gadget/tablet/smartphone, dengan spesifikasi:
a. Jenis HP: Android
b. Versi Minimal: 4.4 (Kitkat)
c. RAM Minimal: 2 GB
d. Internal Memory: Free space minimal 2 GB
e. Memiliki Internal GPS
f.
Kamera
berfungsi dengan baik.
Tata cara pendaftaran dan seleksi
calon petugas Regsosek adalah sebagai berikut:
- Log
in pada website https://mitra.bps.go.id atau melalui aplikasi sobat bps
pada playstore dan mendaftar sebagai mitra Regsosek di wilayah Kota Prabumulih.
Panduan registrasi dapat dilihat di https://s.bps.go.id/panduan1672
- Mengisi
formulir pendaftaran secara onine dan mengunggah berkas pendaftaran pada
halaman https://s.bps.go.id/Regsosek1672.
Adapun dokumen berkas yang harus
dilampirkan calon petugas meliputi:
a. Pas
Foto Terbaru (ukuran 3x4 atau ukuran 4x6);
Format
nama file Kelurahan_Nama_foto. Contoh: Muara Dua_Dafinah_foto
b. Ijazah
Pendidikan terakhir;
Format
nama file Kelurahan_Nama_ijazah. Contoh: Muara Dua_Dafinah_ijazah
c. Kartu
Tanda Penduduk (KTP);
Format
nama file Kelurahan_Nama_KTP. Contoh: Muara Dua_Dafinah_KTP
d. Daftar
Riwayat Hidup, boleh diketik atau tulis tangan;
Format
nama file Kelurahan_Nama_riwayat hidup. Contoh: Muara Dua_Dafinah_riwayat
hidup
e. Surat
pernyataan bertempat tinggal di suatu wilayah, boleh diketik atau tulis tangan;
Format
nama file Kelurahan_Nama_domisili. Contoh: Muara Dua_Dafinah_domisili
f. Surat
pernyataan memiliki, menguasai, dan dapat menggunakan gadget/tablet/smartphone,
boleh diketik atau tulis tangan;
Format
nama file Kelurahan_Nama_hp. Contoh: Muara Dua_Dafinah_hp
g. Surat
lamaran, wajib ditulis tangan.
Format
nama file Kelurahan_Nama_lamaran. Contoh: Muara Dua_Dafinah_lamaran
Contoh
format Daftar Riwayat Hidup, Surat pernyataan bertempat tinggal, surat lamaran,
dan surat pernyataan memiliki smartphone dapat dilihat pada https://s.bps.go.id/format1672
- Pendaftaran calon petugas Regsosek dan unggah berkas (seleksi administrasi) dilaksanakan pada 7-14 September 2022.
- Seluruh peserta yang telah mendaftar wajib mengikuti tes tertulis secara online yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2022 melalui link https://s.bps.go.id/testertulis1672).
- Hasil seleksi administrasi dan tes tertulis diumumkan pada tanggal 16 September 2022 akan diumumkan pada media sosial instagram dan website BPS Kota Prabumulih.
- Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan tes tertulis akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 19-23 September 2022 di Kantor BPS Kota Prabumulih yang beralamatkan di Jl. Jenderal Sudirman No. 60 Kel. Sindur, Kota Prabumulih. Jadwal Wawancara akan diinformasikan lebih lanjut)
- Pengumuman akhir pada tanggal 26 September 2022 yang akan diumumkan pada media sosial instagram dan website BPS Kota Prabumulih.
Mengetahui,
Kepala Badan Pusat Statistik
Kota Prabumulih
Basuki Rahmat